trendjakarta.com (Jakarta) – Kota Malang tidak luas  karena hanya luas wilayah 110,06  KM dengan 5 kecamatan dan 57 kelurahan, tetapi kota ini sudah menjadi kota pendidikan dan pariwisata lengkap dengan seluruh potensi daerah yang dimiliki. Dan kota Malang  juga termasuk penyumbang ekonomi  terbesar ke 2 di wilayah Jawa Timur selain Kota Surabaya.

Belum lama pada tanggal 1 April 2017 kota Malang merayakan HUT 103 tahun. Untuk prestasi kinerja Kota Malang sendiri setiap tahunnya mendapat Adipura dan dalam rangka HUT 103 tahun kota Malang dinobatkan sebagai Kota Tata Kota oleh Sindo Weeky Government Award 2017 (3/4) dan nobatkan sebagai Kota Peduli Anak (4/4) oleh Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) binaan Kak Seto (Kak Seto Award) bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Kami mempunyai program tata kota berkelanjutan dan merupakan program pemerintah pusat dalam pengentasan permukiman kumuh. Pemerintah pusat saat ini memiliki program 100-0-100, dimana targetnya ditekankan pada zero kumuh, ujar H.Moch Anton (Walikota Kota Malang) yang ditemui pada Senin malam (3/4) di Hotel Borobudur ,selesai menerima penghargaan Sindo Weekly Government Award 2017.

Dalam menata Kota, pemerintah Kota Malang melibatkan seluruh masyarakat. “Motivasi kita motivasi masyarakat untuk merubah lingkungan ini. Disitulah kita bergerak mencoba melalui program otonomi work kelurahan dan otonomi work kecamatan. Otonomi ini saya munculkan kepada masyarakat bagaimana ide-ide masyarakat ini bisa dikembangkan sendiri melalui lingkungan masing-masing disitu kami berikan kekuasaan,” ujar Anton menambahkan.

Pemerintah juga menerapkan program pendampingan dengan sistem bottom up dan kolaborasi sistem quadro helic dengan melibatkan seluruh warga kota, serta program CSR pengusaha untuk menata spot spot yang ada dimana salah satunya adalah penyedia peralatan bermain anak di setiap RPTRA, Pro Kids Club dari PT. Prolandsekap Indonesia yang bertaraf Internasional.

Kemajuan tata kota Malang bisa terlihat Alun-alun kota Malang ada fasilitas bermain dan kini banyak anak-anak mereka bermain di taman pusat kota yang sekarang ini sudah jauh lebih bersih, aman dan nyaman, sekarang wahana permainan di sana juga bertambah banyak.

Dua wahana baru yang terpasang di lokasi Alun-alun kota Malang adalah outdoor gym dan permainan catur dengan ukuran raksasa dari PT. Prolansekap Indonesia dengan Konsepnya mewujudkan taman edukasi yang bertujuan merangsang otak anak dan pembentukan karakter serta mental positif anak sejak usia dini. (RI)

Source : http://trendjakarta.com/index.php/2017/04/05/kota-malang-merupakan-kota-pendidikan-dan-tata-kota-terbaik-2017/